Tentang Media Sosial

Saya dan Media Sosial

Tau gak sih yang kelahiran tahun 1980 – 2000 itu termasuk dalam generasi milenial. Sudah pasti pada tau dong apa itu media sosial?? Bahkan hampir semua generasi milenial punya sosial media dan turut berperan aktif memanfaatkannya. Baik untuk silahturahmi, mengenal teman baru, bahkan ada yang mencari jodoh melalui sosial media dan tidak sedikit pula yang sudah mencapai jenjang pernikahan berkat social media ini.

Generasi milenial sendiri biasa disebut sebagai Generasi Y. Sudah tidak heran kita sebagai Generasi Y untuk mengenal yang namanya social media.  Dimulai dari friendster social media jadul dimana kita bisa mempercatik halaman friendster kita dengan menyematkan kode-kode html sederhana. Tidak sedikit pula social media lain yang lahir setelah hadirnya friendster. Dan kalian pasti dong kenal sama yang trending dan booming saat ini facebook dan instagram, kedua sosial media sudah menjadi makanan sehari-hari, tanpa mengenal usia hampir seluruh orang mengakses social media dari yang anak – anak hingga dewasa. Disini flo coba membagi sedikit info mengenai 2 (dua) social media besar yang cetar ini.

Facebook

Sosial media hasil karya Bapak Mark Zuckerberg ini adalah media sosial yang sukses setelah runtuhnya friendster. Social media yang lahir di tahun 2004 silam ini sempat menjadi pioner sosial media dan masih terus berusaha untuk tetap berkembang dan dapat memberikan manfaat bagi peggunanya. Untuk fiturnya sendiri hampir sama dengan instagram, sama – sama bisa live dan story. Bedanya di facebook tersedia fanspage dan grup yang bisa kita gunakan untuk circle tertentu.
Walau demikian, Facebook yang memiliki misi “Give people the power to build community and bring the world closer together.” masih terus berupaya menghadirkan algoritma, menu / fungsi baru yang mendukung misinya, walaupun demikian saya sudah terlanjur cinta dengan yang namanya Instagram.

Instagram

Instagram pertama kali muncul di tahun 2010. Kenapa diberikan nama “instagram”? Buat yang ingin tahu bisa klik disini. Aplikasi ini sudah bertahan 8 tahun dan sampai sekarang pun masih dalam puncaknya dan digemari oleh hampir semua orang dari segala penjuru dunia. Saya sendiri menjadi penggemar beratnya instagram, menurut saya tampilan instagram sangat simple, mudah dan menarik untuk digunakan. Kita bisa memakai fitur kamera dengan pilihan filter untuk membuat foto atau video tersebut lebih menarik.

Disamping itu, instagram juga memiliki kelebihan lainnya. Instagram telah melahirkan selebritis instagram yang biasa di sebut selebgram. Sudah tidak heran instagram digunakan sebagai sumber penghasilan bagi kedua belah pihak, dimana brand akan mendapatkan customer baru dan selebgram mendapatkan penghasilan dengan mempromosikan produk dari brand yang bekerjasama dengannya, baik berupa uang maupun produk.

Instagram juga memiliki fitur – fitur yang up to date, dari tampilan feed yang bisa kita atur semenarik dan serapi mungkin sampai insta story yang bisa kita taruh link untuk blog maupun website sebagai sarana promosi. Lalu ditambah highlights, agar insta story yang tidak mau kita hapus tetap bisa dilihat oleh orang – orang dalam jangka waktu yang bisa kita atur sendiri. Sangat menarik!

Dampak sosial media

Menurut saya, terlalu sering menggunakan sosial media bisa memberikan pengaruh positif dan negatif. Bijak dalam menggunakannya bisa membawa kita ke kehidupan yang berwarna, mengetahui kejadian dan memperoleh informasi dalam waktu yang singkat walaupun berbeda kota maupun negara. Dan tanpa bertanya pun kita bisa melihat teman – teman kita sedang melakukan apa atau sedang berada dimana.

Negatifnya itu kebanyakan orang menjadi lupa waktu, berkurangnya privasi pribadi dikarenakan terkadang kita tidak sadar mengepost hal yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik.

Inilah tulisan mengenai media sosial, bagaimana menurut teman – teman??

Cerita dibalik blog fairy craft
PREVIOUS POST
5 Fakta Flo Fairy
NEXT POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *